REKAMAN WEBINAR

Review E-Book Health Informatics: an Overview

health-informatics-an-overview-1996Data, informasi, dan ilmu pengetahuan adalah esensi dari pelayanan kesehatan yang modern. Setiap jam, setiap hari, baik di rumah pasien maupun di tempat klien, di ruang konsultasi, di klinik, di tempat praktek, di rumah sakit dan di fasilitas pelayanan kesehatan, informasi dikumpulkan, diproses, disimpan, diambil, dan ditukar.

Mengutip kata pembuka dari Chairman of Health Informatics Society of Australia tahun 1996, Dr Ian Graham, seluruh aktivitas-aktivitas tersebut, serta penggunaan optimal dari informasi yang mendukung keputusan klinis, pemecahan masalah, serta penjaminan dari pelayanan yang berkualitas di pelayanan kesehatan, merupakan fokus dari informatika kesehatan.

Indonesia, sebagai salah satu negara berkembang, masih memerlukan pengetahuan yang banyak mengenai informatika kesehatan. Pengetahuan akan informatika kesehatan ini dapat dicontoh dari negara tetangga yang telah lama menerapkan disiplin ilmu ini dalam praktek kesehatan sehari-hari maupun dalam kebijakan yang ada, yaitu Australia.

E-Book Health Informatics: an Overview ini membahas secara komprehensif elemen-elemen yang terkait dengan informatika kesehatan yang ada di Negeri Kangguru ke dalam 30 chapter yang berbeda. Mulai dari sejarah informatika kesehatan di Australia, konsep dasar informatika kesehatan, informatika kesehatan di dalam pratek klinis, sistem informasi manajemen kesehatan, hingga riset informatika kesehatan.

Semoga dengan e-book ini, pengunjung dapat memperkaya pengetahuan akan informatika kesehatan, dan meningkatkan kualitas pelayanan, serta daya saing di dalam memberikan kontribusi kepada pelayanan kesehatan, khususnya di Indonesia.

Download E-Book: Health Informatics: an Overview

Review ditulis oleh Yudha E. Saputra, S.Farm, Apt.

Trackback from your site.

Leave a comment