REKAMAN WEBINAR

Kualitas mHealth: Proses untuk Pemberian Label Aplikasi Kesehatan berbasis Mobile yang Berkualitas

Ilustrasi mHealth Quality

Banyakanya aplikasi kesehatan berbasis mobile  (apps) saat ini memiliki berbagai macam fungsi. Rating yang diberikan oleh pengguna, belum bisa memastikan kualitas dari aplikasi yang ada.  Metode evaluasi yang ada di masa lalu, sudah tidak cocok dengan perkembangan teknologi berbasis mobile yang sangat cepat saat ini.

Pada studi tentang mobile health (mHealth) apps ini, para peneliti dari Prancis mengajukan sebuah kolaborasi dalam skala multi-dimensi untuk menilai kualitas dari mHealth apps. Selama proses penelitian berlangsung, kualitas apps dinilai dari berbagai macam aspek yang bervariasi, seperti dapat dipercaya secara medis, konsisten dari sisi kelegalan, konsisten dari segi ke-etisan, memiliki aspek-aspek usability, serta dapat menjaga privasi data pribadi dan mengutamakan kemananan dari segi informasi dan teknologi.

Pendekatan hypothetico-deductive digunakan dalam kerja kelompok yang bervariasi untuk mendefinisikan kriteria audit dari berbagai use cases yang bisa ditampilkan dari sebuah aplikasi. Kriteria-kriteria ini lalu di-implementasikan kedalam kuisioner-kuisioner berbasis web yang dapat dikelola secara perorangan, serta memiliki fungsi untuk mengirimkan laporan secara otomatis.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di satu sisi, metode yang digunakan dalam menilai kualitas mHealth apps ini, mampu menilai secara spesifik tiap mHealth apps yang ada, karena metode ini memungkinkan untuk mengakses setiap fungsionalitas yang ditawarkan oleh aplikasi kesehatan berbasis mobile tersebut. Disisi lain, metode ini dapat berjalan secara otomatis, dapat diterapkan di semua mobile apps, dan dapat beradaptasi dengan perubahan teknologi mobile dan dinamis.

Sekilas adalah bagian abstrak dari jurnal mHealth Quality: A Process to Seal the Qualified Mobile Health Apps, yang diterbitkan oleh European Federation for Medical Informatics (EFMI) dan IOS Press, yang penelitiannya dilakukan oleh Mobin Yasini, Jerome Beranger, Pierre Desmarais, Lucas Perez dan Guillaume Marchand.

Semoga jurnal ini dapat membantu pengunjung dalam menyelesaikan paper yang sedang dikerjakan, maupun menjadi masukan yang positif untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, terutama yang berbasis mHealth di Indonesia.

Selamat membaca 🙂

Link: mHealth Quality: A Process to Seal the Qualified Mobile Health Apps

Review ditulis oleh Yudha E. Saputra, S.Farm, Apt.

Trackback from your site.

Leave a comment