REKAMAN WEBINAR

Biomedical Informatics Computers Applications in Health Care

 
Sampul depan Jurnal Biomedical Informatics Computers in Health Care

Dunia penelitian biomedis dan pelayanan kesehatan telah berubah sejak 25 tahun dari pertama kali buku berjudul Biomedical Informatics Computers in Health Care ini dicetak. Begitu juga dunia komputer dan komunikasi serta isu-isu ilmiah yang saling bersinggungan dalam ilmu pengetahuan biomedis, pelayanan kepada pasien, kesehatan masyarakat, serta teknologi informasi teknologi. Pengaruh klinis dan penelitian dari sistem komputer-biomedis cenderung luas. Sistem informasi klinis yang menyediakan fungsi-fungsi informasi manajemen dan komunikasi, saat ini telah terinstal di seluruh bagian penting di institusi pelayanan kesehatan.

Dokter dapat mencari seluruh indeks obat hanya dalam beberapa detik, menggunakan informasi yang disediakan oleh program komputer untuk mengantisipasi efek samping atau interaksi obat. Sumber analisis elektrokardiogram (EKG) berasal dari program komputer, dimana teknik yang sama diaplikasikan menginterpretasikan tes fungsi paru-paru dan berbagai variasi dari abnormalitas laboratorium dan tindakan yang bersifat radiologi. Alat-alat pembuat keputusan pun telah terintegrasi dengan sistem pelayanan pasien, dan mulai menunjukan dampaknya positifnya pada cara berpraktek kedokteran.

Meskipun penggunaan komputer di ranah pelayanan kesehatan dan penelitian biomedis menghasilkan peningkatan minat untuk mempelajari komputer-biomedis, banyak ilmuwan, mahasiswa di bidang kesehatan, dan professional menemukan hal tersebut sulit untuk mendapatkan pandangan yang komprehensif dan melimpah tapi tidak bersifat teknis di bidang ini.

Buku Biomedical Computers Informatics in Healthcare ini ditulis agar dapat digunakan sebagai referensi pada pendidikan formal, walaupun penulis telah mengadaptasi pandangan yang luas dari masyarakat yang dimaksudkan untuk digunakan oleh pihak-pihak tertentu yang ingin menggunakannya. Maka dari itu, buku ini tak hanya dapat digunakan oleh mahasiswa kedokteran dan profesional di bidang kesehatan saja, tetapi kepada profesional informatika-biomedis, baik digunakan untuk referensi pribadi maupun sebagai referensi para praktisi.

Terdapat 28 bagian yang saling berhubungan satu sama lain mulai dari berbagai definisi dan istilah yang penting; asal-muasal data, informasi, dan ilmu pengetahuan; isu-isu kognitif ilmiah dalam bentuk diskusi; rancangan komputer dan perangkat lunak; ringkasan dari isu-isu pengembangan standar untuk pertukaran data serta pembagian data klinis; relevansi ilmu ini dalam praktek klinis dan biologi; pengenalan konsep pengangkapan gambar klinis, analisis, interpretasi serta penggunaannya; isu-isu hukum dan etika dalam informatika kesehatan; survey-survey dari ranah biomedis yang menggunakan komputer; ringkasan dari perkembangan isu-isu kebijakan yang berhubungan dengan informatika kesehatan; serta kesimpulan yang mengarah pada gambaran konsep informatika, komputer serta komunikasi tingkat tinggi di masa depan nanti.

Semoga pembaca dapat menjadikan buku Biomedical Computers Informatics in Healthcare ini sebagai referensi yang dapat membantu dalam melakukan kegiatan akademi maupun di tempat berpraktek.

 

konten11Biomedical Computers Informatics in Healthcare

Trackback from your site.

Leave a comment