REKAMAN WEBINAR

Telemedicine untuk Manajemen Diabetes

Ilustrasi Telemedicine for Diabetes

Peningkatan prevalensi diabetes di seluruh dunia di area dimana sumber daya – sumber daya kesehatan terbatas menarik perhatian kalangan internasional untuk menciptakan inovasi model pelayanan kesehatan. Proyek Extension for Community Healthcare Outcomes (ECHO) adalah program “telemonitoring” yang telah menunjukan kemanfaatannya untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan penyakit kompleks dalam melayani tindakan medis di daerah-daerah.

Secara kontras dengan model telemedicine yang terdahulu dimana hanya menghubungkan seorang dokter spesialis dengan seorang pasien, model ECHO memungkinkan pasien dalam jumlah banyak untuk mendapatkan manfaat sekaligus membangun keahlian baru. Para peneliti dalam penelitian ini baru mengaplikasikan model ECHO untuk meningkatkan hasil kesehatan pasien dengan diabetes yang kompleks (Endo ECHO) yang tinggal di daerah pedesaan New Mexico.

Para peneliti dalam jurnal ini telah menjabarkan desain dari intervensi Endo ECHO pada sebuah program jangka panjang 4 tahun yang mengevaluasi dan menaksir hasil dari pelayanan kesehatan, pola penggunaan, serta ke-cost-effectiveness-sannya.

Evaluasi dari Endo ECHO akan mendemonstrasikan apakah dan sejauh apa intervensi model ini dapat meningkatkan hasil kesehatan untuk pasien dengan diabtes kompleks yang tinggal di pedesaan di New Mexico, dan akan menjadi bukti dari konsep yang ditawarkan oleh tim peneliti, yang dapat digunakan sebagai materi pembelajaran di pusat-pusat akademi kedokteran, dimana kedepannya dapat menggantikan model yang telah ada di seluruh wilayah pelayanan kesehatan di seluruh dunia.

Jurnal berjudul Taking Telemedicine to the Next Level in Diabetes Population Management: a Review of the Endo ECHO Model ini memberikan gambaran mengenai bagaimana teknologi telemedicine dapat berkontribusi dalam mengelola populasi yang terjangkit diabetes dengan menggunakan suatu model bernama Endo ECHO, meskipun masih perlu banyak perbaikan baik dari segi model tersebut maupun human interaction serta teknologi yang ada.

Semoga dengan membaca jurnal ini, pembaca dapat memahami, baik secara garis besar maupun spesifik, akan kegunaan serta perkembangan dan impelementasi dari telemedicine, terutama untuk pemanfaatan telemedicine di Indonesia.

Semoga bermanfaat 🙂

Link download jurnal: Taking Telemedicine to the Next Level in Diabetes Population Management: a Review of the Endo ECHO Model

Review ditulis oleh Yudha E. Saputra, S.Farm, Apt.

Trackback from your site.

Leave a comment