REKAMAN WEBINAR

Informatika Penelitian Klinis untuk Big Data dan Precision Medicine

 
Ilustrasi Logo Informatika Penelitian Klinis

Informatika Penelitian Klinis (CRI) adalah istilah baru untuk cabang ilmu dari informatika biomedis yang fokus kepada dukungan informatika untuk menghasilkan bukti medis, telah berkembang lingkup serta pentingnya dalam mendukung agenda-agenda klinis dan penerjamahan ilmu pengetahuan ilmiah yang kian meluas.

Tujuan dari Weng dan Kahn melakukan penelitian ini adalah untuk merefleksikan kejadian-kejadian yang dapat terlihat dengan jelas serta perkembangan yang signifikan dari CRI pada tahun 2015 dan mendiskusikan tren-tren jangka pendek yang berdampak pada CRI.

Weng dan Kahn menyeleksi beberapa publikasi yang tidak hanya penting untuk CRI tetapi juga akan berdampak jelas secara signifikan pada aktivitas-aktivitas CRI beberapa tahun kedepan, serta mengkonsultasikan hasil diskusi-diskusi dalam komunitas ilmiah yang relevan dan sebuah online living textbook untuk uji klinis – uji klinis modern. Peneliti juga mengkorelasikan konsep-konsep baru dengan permasalahan-permasalahn lama untuk dapat meningkatkan keberlanjutan dari penelitian CRI.

Gambar Conceptual Framework dari ranah CRI yang digagas oleh Weng dan Kahn dari penelitian Clinical Research Informatics for Big Data and Precision Medicine

Hal yang digarisbawahi pada CRI di tahun 2015, seperti yang ditemukan oleh Weng dan Kahn, penemuan mereka meliputi pertumbuhan dari adaptasi rekam medis elektronik (EHR), dimana pertumbuhan jaringan penelitian data klinis dalam skala regional, nasional, dan global menggunakan data EHR untuk mengintegrasikan penelitian klinis yang dapat diukur dengan pelayanan klinis dan menghasilkan bukti medis yang kuat.

Kualitas data, integrasi, dan penyatuan, akses data oleh para peneliti, transparansi penelitian, kemampuan dalam terus memproduksi hasil, dan infrastruktur yang berkelanjutan, menurut peneliti,  adalah tantangan-tantangan yang sulit.

Tingginya level dalam Analisis Big Data dan teknologi-teknologi Internet dengan keterlibatan masyarakat di bidang ilmiah, simpul When dan Kahn, telah merubah bentuk perusahaan riset klinis berskala global, dimana perusahan tersebut menjadi lebih terbuka dan meningkatkan pemegang-pemegang kepentingan yang terpusat, dimana pemegang-pemegang kepentingan tersebut meliputi para pasien, klinisi, peneliti, dan sponsor.

Berikut adalah sekilas dari abstrak dari jurnal Clinical Research Informatics for Big Data and Precision Medicine oleh C. Weng dari Department of Biomedical Informatics Columbia University dan M. G. Kahn dari Department of Pediatrics University of Colorado.

Semoga pembaca dapat menjadikan jurnal ini sebagai referensi dalam menambah wawasan pembaca akan ranah dari informatika biomedis, yang dapat dimanfaatkan sebagai masukan untuk melakukan penelitian-penelitian yang lebih inovatif kedepannya, khususnya untuk kemajuan informatika kesehatan Indonesia.

Semoga bermanfaat 🙂

Link download jurnal: Clinical Research Informatics for Big Data and Precision Medicine

Review ditulis oleh Yudha E. Saputra, S.Farm, Apt.

Trackback from your site.

Leave a comment