REKAMAN WEBINAR

Peran Informatika Kesehatan Masyarakat di Pelayanan Kesehatan

Logo Ilustrasi Public Health Informatics

Informatika kesehatan masyarakat ( Public Health Informatics / PHI ) didefinisikan sebagai aplikasi dari informasi, teknologi dan ilmu komputer di ranah kesehatan masyarakat yang tersistematis, termasuk surveilans, pencegahan, persiap-siagaan, dan promosi kesehatan. Tujuan utama dari aplikasi PHI ini adalah untuk mempromosikan kesehatan kepada seluruh populasi, dimana dengan sendirinya akan mempromosikan kesehatan dari setiap individu, dan mencegah penyakit serta kecelakaan dengan merubah kondisi yang meningkatkan resiko dari populasi.

Secara umum, PHI menggunakan informatika di data kesehatan masyarakat untuk dikumpulkan, dianalisis, melakukan tindakan. Lebih menekankan kepada pencegahan penyakit pada populasi, dengan menggunakan berbagai variasi intervensi serta bekerja di ranah pemerintahan, adalah hal-hal yang membedakan PHI dari bidang informatika yang lain.

Ruang lingkup dari PHI meliputi konseptulisasi, desain, pengembangan, penyebaran, perbaikan, perawatan, serta evaluasi dari komunikasi, surveilans, dan sistem informasi yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat. PHI juga dapat diasumsikan sebagai salah satu sistem yang paling berguna untuk melakukan surveilans penyakit, epidemik, bencana alam dan bioterrorism. Penggunaan dari surveilans global terkomputerisasi dan sistem pengumpulan data, seperti pertukaran informasi kesehatan (health information exchange / HIE) dan pengorganisisran informasi kesehatan ( health information exchange / HIO), dapat membantu dalam kegiatan monitoring tingkat populasi.

Ada beberapa sub-bab yang dibahas dalam jurnal yang dikerjakan oleh Hassan A. Aziz, Ph.D dari College of Arts and Sciences Qatar University ini, meliputi PHI, sistem surveilans, surveilans berbasis kertas, sistem surveilans modern, perbandingan antara surveilans berbasis kertas dengan sistem surveilans berbasi elektronik, aplikasi dari PHI, serta informasi seputar PHI di Qatar.

Semoga sekilas rangkuman bagian awal dari jurnal yang diterbitkan oleh Journal of Taibah University Medical Science dengan judul a review of the role of public health informatics in healthcare ini dapat memberikan gambaran kepada pembaca akan aplikasi dari informatika kesehatan masyarakat pada pelayanan kesehatan.

Semoga juga, jurnal ini dapat mengedukasi pembaca, serta meningkatkan minat pembaca untuk  memahami di bidang informatika kesehatan masyarakat lebih dalam lagi, khususnya untuk praktisi kesehatan di seluruh Indonesia.

Semoga bermanfaat ūüôā

Link jurnal: A review of the role of public health informatics in healthcare

Review ditulis oleh Yudha E. Saputra, S.Farm, Apt.

Trackback from your site.

Leave a comment