REKAMAN WEBINAR

Rumah Kita akan menjadi Rumah Sakit di Masa Depan?

Ilustrasi Hospital is Home
 

Kebanyakan orang membayangkan peralatan serta device yang sangat canggih ketika mereka bertanya tentang rumah sakit di masa depan. Namun, bagaimana bila sebagian besar pelayanan kesehatan dapat diberikan di rumah kita dengan menggunakan wearable dan device-device yang berbeda yang berada di kamar mandi maupun tempat tidur kita, dan dapat mengukur apa yang seharus diukur untuk menunjang kesehatan kita?

Bertalan Meskó, MD, Ph.D, mencoba merangkum beberapa kemungkinan pelayanan kesehatan yang dapat diberikan di rumah kita, sehingga rumah kita dapat diasumsikan sebagai rumah sakit di masa depan, dengan melihat device apa saja yang dibutuhkan.

10 hal yang dicontohkan oleh Bertalan Meskó, MD, Ph.D meliputi:

  1. Smart Scale di kamar mandi

Smart Scale. Sumber: youtube.com

Alat ini digunakan untuk mengukur berat badan layaknya timbangan berat badan pada umumnya, namun langsung mengirimkan data berat badan Anda ke smartphone Anda.

  1. Digital Mirror di kamar mandi

Digital Mirror. Sumber: youtube.com

Kaca yang ada di kamar mandi Anda, dapat menganalisa level stress serta postur tubuh Anda.

  1. Smart toothbrush di kamar mandi

Smart toothbrush. Sumber: youtube.com

Smart toothbrush di kamar mandi Anda dapat memberikan informasi bahwa Anda sedang dehidrasi atau tidak.

  1. Microchip di toilet

Microchip yang diletakkan di dalam toilet, dapat menganalisis urin Anda, sehingga  dapat mendapatkan Anda hasil dari tes urin.

  1. Auto Shower di kamar mandi

Auto Shower. Sumber: youtube.com

Shower yang ada di rumah Anda dapat mengatur suhu air yang Anda gunakan untuk mandi sesuai menggunakan suhu air yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

  1. Smart Sleep Monitor di ruang tidur

Smart Sleep Monitor. Sumber: youtube.com

Ketika Anda tidur, smart sleep monitor akan merekam pola tidur Anda, memberi tahu kualitas tidur seperti apa yang Anda miliki, serta memberikan informasi waktu terbaik Anda untuk bangun tidur dengan mengirimkan datanya ke smartphone Anda, untuk memastikan Anda bangun tidur dengan energi yang siap.

  1. Nest Note di ruang tidur

Nest Note. Sumber: youtube.com

Data dari smart sleep monitor Anda akan dikirimkan ke nest note untuk secara otomatis mengatur suhu ruangan di kamar tidur Anda agar suhunya sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

  1. Smart Fork and Smart Spoon di dapur

Smart Fork dan Smart Spoon. Sumber: youtube.com

Smart Fork dan Smart Spoon dapat digunakan untuk mengukur bahan-bahan yang ada di dalam makanan Anda layaknya food scanner, yang terhubung dengan aplikasi di smartphone Anda untuk mengontrol diet Anda.

Food Scaner. Sumber: youtube.com

  1. 3D Food Printer di dapur

3D Food Printer. Sumber: youtube.com

Dengan menggunakan bahan-bahan makanan yang segar, Anda dapat membuat makanan seperti pizza dan kue melalui alat 3D Food Printer ini.

  1. Smart Cloth di ruang kerja

Smart Cloth. Sumber: youtube.com

Smart cloth yang ada di ruang kerja Anda dapat mengukur vital sign, postur, level stress serta aktivitas otak Anda, yang dapat memberikan informasi kepada Anda akan waktu yang tepat untuk melakukan pekerjaan agar menghasilkan performa kerja yang optimal.

Bertalan Meskó, MD, Ph.D mengatakan, bahwa saat ini kita sudah memilki berbagai macam device yang dapat membawa kita menuju masa depan, dimana artinya kita dapat mengumpulkan device apa saja yang diperlukan untuk menjadikan rumah kita sebagai rumah sakit.

Walaupun hanya beberapa aspek saja, mungkin belum bisa sepenuhnya rumah kita bisa diasumsikan sebagai rumah sakit karena tentunya ada standar-standar kriteria tertentu yang menjadikan rumah sakit layak disebut sebagai rumah sakit.

Namun, apabila ada teknologi-teknologi seperti ini di rumah kita, menurut Anda, apakah kita dapat menjadi lebih sehat dari rumah sendiri? Atau, teknologi untuk penunjang kesehatan seperti apa yang Anda inginkan?

Semoga bermanfaat 🙂

Link video: Our Home Will Be The Hospital of The Future?

Artikel ditulis oleh Yudha E. Saputra, S.Farm, Apt.

Trackback from your site.

Leave a comment