REKAMAN WEBINAR

SIL – Asia dipresentasikan di UP-PGH

Justin Fyfe dari Mohawk Lab sedang mendiskusikan infrastruktur. Sumber: aehin.org

AeHIN.ORG – Dari mengidentifikasi berbagai tantangan di sistem kesehatan untuk mempelajari mengenai ruang lingkup pemerintahan dan pelatihan sertifikasi yang sedang berjalan, AeHIN saat ini bergerak ke arah interoperating systems menuju Standards and Interopability Lab for Asia (SIL-Asia).

SIL-Asia di tenagai oleh AeHIN dan didukung oleh Asian Development Bank (ADB), World Health Organization (WHO), UNICEF dan partner-partner lainnya. Kantor SIL-Asia saat ini berlokasi di University of the Philipphines – Philippine General Hospital (UP-PGH).

Tujuan dari lab SIL-Asia ini adalah untuk memberikan dukungan teknis kepada organisasi pemerintah dan swasta, terutama di pemerintahan, untuk membuat sistem-sistem eHealth yang interopable dengan menghubungkan sistem-sistem informasi yang sudah ada untuk membantu membuat perencanaan serta membuat keputusan. Bantuan teknis sedang ditawarkan, yang meliputi teaming, testing, tooling, dan training.

Pada tahun pertama ini, SIL-Asia akan memberikan dukungan untuk UP-PGH dan kedepannya akan berlaku sebagai model laboratorium untuk negara-negara tetangga. Untuk tahun-tahun yang akan datang, kedepannya SIL-Asia akan mensukseskan laboratorium ini di setiap negara seperti Myanmar, Vietnam, Kamboja, Sri Lanka, Thailand, dan Indonesia.

Pada Januari 2017 yang lalu, beberapa undangan dan pertemuan diadakan untuk mengenalkan SIL-Asia, ahli-ahli yang terlibat dalam SIL-Asia, dan pelayanan yang diberikan oleh SIL-Asia kepada para pemegang kebijakan dari ADB, Director PGH Dr. Gerardo Legaspi, Department of Health of the Philippines, dan UP-PGH Information Systems Office. Pertemuan juga diadakan dengan pihak swasta, seperti Qualimed dan mClinica.

Dalam persiapan untuk convergence workshops dan pelatihan-pelatihan master patient index (MPI), para ahli dari laboratorium telah melatih diri mereka sendiri dan menghadiri berbagai pertemuan serta workshop dalam dua bulan terakhir. Time tersebut bertemu dengan Dr. Cito Malto untuk mempelajari ruang lingkup interopabilitas di New Zealand. Mereka juga menghabiskan seminggu dengan Justin Fyfe dari Mohawk College untuk berlatih menggunakan software-software interopabilitas seperti SoapUI, HL7 Inspector, dan Fiddler.

Tim SIL – Asia yang berkantor di UP-PGH ini terdiri dari Dr. Alvin Marcelo sebagai Lab Manager; Ms. Win Min Thit sebagai Lab Partner Coordinator; Dr. Raymond Sarmiento, Ruahden Dang-awan, Randy Joseph Fernandez, Perlita Gasmen, Philip Chistian Zuniga, dan Rose Ann Zuniga sebagai Lab Expert; dan Kristin Pascual dan Charisse Orjalo sebagai Lab Support.

Sumber: aehin.org

Trackback from your site.

Leave a comment